Kain Songket Nadina Salim

Halo semua.. mau cerita dikit nih mengenai si Kain Songket Palembang yang menjadi bahan utama Sepatu dan Tas Songket Nadina Salim. Kalau cerita sejarah bakal panjang banget. Cerita proses pembuatan itu juga panjang dan cukup rumit. Namun, sedikit pengetahuan mengenai kain songket ialah ia merupakan kain yang ditenun dari benang yang sudah dicelup warna disusun berbaris sebanyak 2-3 helai per anyaman. Lalu ditenun dan diselipkan benang emas atau benang berwarna lainnya baris demi baris sebagai motif nya sehingga menjadi kain yang kita kenal selama ini.

Nah kain songket yang mana nih yang kami gunakan? Tentunya untuk mendukung pengrajin lokal, kami hanya menggunakan kain songket tenun asli ya. Terutama yang terbuat dari serat sutera. Tapi kain yang sempurna kan muahal banget yaa.. Namun, Oleh karena hubungan kerjasama yang baik kepada pengrajin, kami tetap ingin mendapatkan kain tenun songket asli sebagai bahan baku utama. Jadi, bagaimana mendapatkannya?

Pada proses penenunan sehelai kain Songket, bisa terjadi kesalahan penenunan, misalnya selisih benang atau warna benang yang berbeda tone yang kesalahan tersebut dapat dilihat setelah kainnya jadi. Tapi ini jarang banget terjadi. Selain itu kain songket yang kami pakai juga bisa berasal dari kelebihan tenunan dari si pengrajin. Kelebihan tenunan bisa terjadi karena gulungan benang lebih banyak dari yg dibutuhkan. karena ukuran kain biasanya hanya 2 meter kan, jadi daripada sisa, maka kami lah yang membelinya. Namun jika kedua hal tersebut tidak didapat, maka kami harus membeli kain utuh. Apalagi untuk mendapatkan warna khusus yang dikehendaki konsumen, namun warna tersebut tidak bisa didapat dari kedua proses di atas, maka kami akan membeli kain songket utuh untuk kembali diproses pewarnaan lebih lanjut guna mendapatkan warna yang diinginkan. Jadi itulah mengapa produk kami harus berbeda. Untuk mendapatkan hasil terbaik, dibutuhkan usaha yang sebaik-baiknya kan?

Salam Crafter!

👋🏽 Nadina Salim

Tinggalkan Balasan